//
you're reading...
Teknologi

Aplikasi Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

ini semakin banyak software developer local yang menghasilan aplikasi menarik. Kreativitas mereka patut diapresiasi karena mampu bersaing dan tidak kalah dengan developer asing. Bahkan beberapa aplikasi asli buatan Indonesia ini ada yang mendapatkan penghargaan dalam kompetisi bertaraf Internasional.

  1. PicStory
PicStory

Aplikasi Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

Tingginya pengguna Blackberry di tanah air ternyata menjadi satu alas an Risto Mobile, yaitu developer asal Jakarta, untuk menghadirkan aplikasi foto editor ini. PicStory memiliki konsep di mana penggunanya bisa membuat cerita dari kumpulan gambar atau foto yang ada di gallery. Dengan segala keunggulannya, aplikasi ini menjadi pemenang dalam kompetisi BlackBerry Hackathon 2011 di Jakarta. Untuk menarik lebih banyak pengguna, Risto Mobile kemudian menghadirkan aplikasi ini untuk platform android.

  1. PicMix
PicMix

Aplikasi Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

Ketika pertama kali muncul, PicMix langsung menarik perhatian karena sengaja menyasar pasar ke pengguna BlackBerry. Pada waktu pertama munculnya PicMix, belum ada aplikasi fotografi yang mumpuni di BlackBerry seperti halnya di Android dan iOS. Tidak hanya member efek filter dan berbagi foto dengan teman, aplikasi ini juga bisa membuat beberapa foto dalam satu bingkai. Selain itu sering diadakan kontes foto berhadiah menarik dengan aplikasi ini. Sekarang pengguna aplikasi ini sudah mencapai 19 juta lebih dari seluruh dunia, dan lebih dari 290 juta foto telah diunggah di PicMix.

  1. Harpoen
Harpoen

Aplikasi Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

Harpoen merupakan aplikasi hasil karya anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia karena berhasil memenangkan juara dunia pada World Summit Award Mobile 2013 di Abu Dhabi. Harpoen merupakan aplikasi yang menawarkan cara unik untuk meninggalkan dan menemukan pesan serts kenangan digital di dunia nyata. Ketika berada di suatu tempat, pengguna bisa memeriksa Harpoen untuk melihat hal menarik apa saja yang pernah terjadi di sekitar tempatnya berada. Mirip dengan foursquare, pengguna bisa memakai Harpoen untuk meninggalkan catatan, foto, atau berkomentar di mana pun. Pengembang aplikasi ini adalah Harpoen, Pte. Ltd. Aplikasi ini bisa didapatkan untuk pengguna iOS dan Android.

  1. Meme Lens
Meme Lens

Aplikasi Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

Aplikasi ini merupakan produk dari pengembang asal Yogyakarta yaitu Creacle Studio, yang dipromosikan langsung oleh Nokia. Aplikasi ini merupakan salah satu pemenang Lumia Apps Olympiade di tahun 2012. Aplikasi yang lucu dan unik ini memungkinkan pengguna memotret seseorang dan mengganti wajah atau kepala orang tersebut dengan tampilan bernuansa komik meme dengan memanfaatkan teknologi Face Recognition di perangkat mobile. Aplikasi ini banyak diminati dan langsung diunduh oleh 20 ribu pengguna hanya dalam satu bulan sejak dirilis Windows Phone Store pada awal 2013.

  1. Catfiz Messenger
Catfiz messenger

Aplikasi Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

Aplikasi ini dikembangkan oleh Duniacatfish Kreatif Media yang diluncurkan pada November 2012. Catfiz hadir di tengah puncak popularitas BlacBerry Messenger di Indonesia. Aplikasi ini menggunakan nomor PIN untuk mengenali identitas pengguna, mirip dengan BBM. Akan tetapi seiring perkembangannya, catfiz mengalami banyak penambahan feature yang membuatnya berbeda dengan BBM dan Instant Messenger lainnya. Antara lain fasilitas grup chat hingga 1000 anggota, video chat, dan sharing file sampai 50MB.

6.MindTalk

Mind Talk

Aplikasi Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

Awalnya MindTalk adalah situs jejaring social buatan Indonesia. Namun dengan pesatnya perkembangan perangkat mobile dengan sistem operasi yang berbeda, MindTalk pun hadir di sana. Aplikasi ini banyak menggunakan istilah asing karena memang ditargetkan untuk masuk ke pasar global. Di MindTalk, para pengguna bisa mengikuti channel berdasarkan topik tang mereka minati, mencari teman, serta berdiskusi dengan sesame pengguna yang tersebar di 190 negara.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: