//
you're reading...
Teknologi, Tips Android

4 Tips Mengoptimalkan Penyimpanan Internal Android

4 Tips ini Ampuh Mengoptimalkan Penyimpanan Internal Android

 

Di masa sekarang, kapasitas penyimpanan internal mempunyai besar 4GB, 8GB, 16GB hingga 128GB. Namun herannya, walaupun mempunyai kapasitas yang besar, tetapi hal itu masih dianggap masih saja kurang. Salah satu sebabnya adalah tingkat resolusi foto maupun video yang memang secara otomatis memang bertambah besar ukuran file media tersebut.

Bila Anda masih merasa kapasitas penyimpanan internal di dalam smartphone merasa masih kurang, sebenarnya masih terdapat beberapa cara untuk mengoptimalkan penyimpanan internal yang ada di smartphone Android Anda.

Berikut ini adalah 4 tips ampuh untuk mengoptimalkan penyimpanan internal smartphone Android yang dilansir dari Harian Bernas:

Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pemakaian kapasitas penyimpanan internal supaya tak diisi dengan banyak file yang tak berguna. Hal ini sangat baik bagi Anda yang mempunyai smartphone berkapasitas memori kecil.

1. Janganlah melakukan pemasangan aplikasi yang dianggap tak perlu

Untuk smartphone yang mempunyai kapasitas besar maka cara ini dianggap kurang diperlukan. Namun bila ini diperuntukkan untuk Anda yang mempunyai smartphone dengan kapasitas kecil maka akan sangat membantu.

Janganlah melakukan pemasangan aplikasi atau permainan yang tak diperlukan karena dapat menghabiskan penyimpanan yang sangat banyak. Maka ada baiknya untuk melakukan pemasangan aplikasi atau game memang ada baiknya untuk dipikirkan terlebih dahulu manfaat yang didapat dari aplikasi itu.

Karena memang disamping menghabiskan banyak memori juga akan dapat menghabiskan kuota data bila Anda mengunduhnya memakai jaringan seluler.

2. Membersihkan file sampah atau junk file

Pada saat kita memakai aplikasi atau pun berseluncur di dunia maya, pasti akan menemukan file sampah atau junk file yang bisa untuk memperlambat kinerja dari smartphone Anda karena biasanya penyimpanan internal dipenuhi oleh berbagai sampah yang tak ada gunanya untuk sistem maupun pemakainya.

3. Menonaktifkan file yang dinilai tak diperlukan

Jika tips nomor 1 dipakai untuk menghapus file maka jika aplikasi tersebut merupakan bawaan dari smartphone maka akan sangat sulit untuk dihapus. Ada baiknya jika Anda menonaktifkan aplikasi bawaan yang dirasa tak terlalu diperlukan.

Caranya adalah pergi ke setting dan kemudian pilihlah application, lalu carilah aplikasi yang dirasa tak diperlukan kemudian klik. Lantas pilihlah force stop untuk mematikan pembaharuan dan pilihlah disable untuk membuatnya berada pada posisi ‘pingsan’ dan nonaktif.

4. Mematikan Auto-Download yang berasal dari aplikasi obrolan

Cara yang juga ampuh ialah mematikan fitur auto-downoad yang terdapat pada aplikasi obrolan seperti Blackberry Messenger dan Whats App. Adanya fitur tersebut malah membuat penyimpanan menjadi cepat penuh, karena terdapat beberapa file gambar yang tak diperlukan tetapi otomatis masuk ke dalam memori.

Cara Mematikan Auto-Download BBM

1. Buka Aplikasi BBM, lalu klik icon garis tiga dipojok kiri atas dan pilih Setelan.

2. Pilih Umum.

3. Hilangkan centang pada Simpan Gambar.

 

Cara Mematikan Auto-Download Whats App

1. Buka Aplikasi Whats App, klik icon titik tiga dipojok kanan atas dan pilih Setelan.

2. Pilih Penggunaan data.

3. Klik “Saat menggunakan data seluler”.

4. Hilangkan semua tanda centang pada Foto, Audio, Video dan Dokumen.

5. Klik Oke.

6. Turunkan Resolusi Foto dan Video dari Kamera

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: